Mengenal Teori Pembelajaran Kognitif Menurut Jean Piaget

Pengertian Teori Belajar Kognitif

Secara umum kognitif diartikan sebagai potensi intelektual yg terdiri dari tahapan pengetahuan, analisa, sintesa, pemahaman, penerapan, dan evaluasi. Kognitif adalah salah satu diantara beberapa ranah taksonomi pendidikan, yg membahas masalah yang berhubungan dengan kemampuan rasional. Teori kognitif juga sebagai salah satu bagian terpenting pada  sains kognitif, yang banyak membantu dalam perkembangan belajar. Karenanya, dalam penjabarannya, teori ini sering disebut pula sebagai "teori perkembangan kognitif" atau "teori belajar kognitif". Pencetus teori kognitif adalah Jean Piaget, seorang pakar filsafat kelahiran swiss.

Baca juga: Mengenal Teori Belajar Behaviorisme

Teori kognitif sangat menekankan bagaimana proses atau upaya buat mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yg dimiliki oleh orang lain. Oleh sebab itu kognitif berbeda dengan teori behavioristik, yg lebih menekankan pada aspek kemampuan sikap yg diwujudkan dengan merespon stimulus yg datang pada dirinya. Asumsi pendekatan kognitif ditekankan pada pentingnya proses internal serta mental manusia. Dalam pandangan para pakar kognitif, tingkah laku tidak bisa diukur dan diterangkan tanpa melibatkan proses mental (keyakinan, motivasi, kesengajaan, dsb).




Jean Piaget menjabarkan kognitif berdasarkan perkembangan intelektual yg menyeluruh, yg merefleksikan adanya kekuatan antara fungsi psikologis (perkembangan jiwa) dan fungsi biologis. Inteligensi itu sendiri menurut Piaget sebagai bagian dari adaptasi biologi terhadap lingkungannya. Sebagai contoh, kita tidak mempunyai bulu tebal buat melindungi kita dari rasa dingin; kemampuan lari kita tidak secepat hewan pemangsa. Akan tetapi kita memiliki kepandaian membuat pakaian serta alat angkut cepat untuk transportasi.

Pencarian yang berkaitan dengan artikel ini: teori belajar kognitif, teori pembelajaran kognitif, perkembangan kognitif, psikologi kognitif, teori kognitif piaget. Teori perkembangan kognitif jean piaget, teori perkembangan kognitif piaget, kemampuan kognitif, teori perkembangan kognitif, teori belajar kognitif menurut piaget, teori psikologi kognitif, perkembangan kognitif menurut piaget.

Teori Kognitif Menurut Jean Piaget
Gambar Ilustrasi Teori Belajar Kognitif.

Pencetus Teori Belajar Kognitif

Jean Piaget : lahir pada tanggal 9 Agustus 1898 di Neuchatel, Swiss. Di tahun 1916, Piaget merampungkan pendidikan sarjananya di bidang hayati pada Universitas Neuchatel. Di usianya yang ke-21, ia sudah memperoleh gelar doktor filsafat. Pada tahun 1921 di Institut Jean-Jacques Rousseu Geneva, ia diangkat menjadi direktur penelitian. Disanalah Piaget memperoleh kesempatan buat menelaah daya pikir anak.

Baca juga: Mengenal Teori Belajar Konstruktivisme

Pada rentang tahun 1920 s/d 1930, ia meneruskan penelitiannya dalam bidang perkembangan kognitif anak dengan cara meneliti anaknya sendiri. Hasil penelitiannya dipublikasikan dalam bentuk tulisan yang berjudul "the Consruction of Reality" serta "The Original of Intelligence in Children". Jean Piaget  wafat pada tanggal 16 september 1980, pada usianya yang ke-82 tahun.

Pencarian lainnya yang sesuai dengan artikel ini adalah: teori disonansi kognitif, teori kognitif jean piaget. Teori kognitif sosial, perkembangan kognitif piaget, teori kognitif menurut piaget, belajar kognitif, pembelajaran kognitif, proses kognitif, teori piaget kognitif, teori sosial kognitif.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url