Mengenal Teori Konflik Menurut Karl Marx

Pengertian Teori Konflik Karl Marx

Sebagai tokoh yang paling kontroversial, Karl Marx dianggap mampu menjelaskan sumber-sumber konflik serta pengaruhnya terhadap tingkatan perubahan sosial secara revolusioner. Marx menyebutkan bahwa sumber potensi konflik utamanya ada dalam bidang perekonomian. Selain itu, ia pun dapat memperlihatkan bahwa konflik dapat juga terjadi dalam bidang distribusi kekuasaan politik dan status/prestise.

Pencarian lainnya yang terkait artikel ini adalah teori konflik, teori konflik menurut para ahli, teori konflik karl marx, teori konflik menurut karl marx, pengertian teori konflik, konflik menurut karl marx, teori konflik menurut para ahli sosiologi. Teori konflik sosial, pengertian konflik menurut karl marx, teori konflik sosial menurut karl marx, teori konflik sosial menurut para ahli, macam macam teori konflik. Teori konflik menurut ahli, teori konflik menurut karl max, teori teori konflik menurut para ahli, pengertian teori konflik menurut para ahli. Teori konflik karl max, teori konflik kepentingan, konflik sosial menurut karl marx, karl marx teori konflik, teori konflik sosial karl marx.

Baca juga: Teori Konflik Menurut Ralf Dahrendorf

Bentuk pemikiran filosofis Marx mengacu pada kemauan untuk membuka kedok pola kepercayaan, sistem nilai masyarakat, dan bentuk kesadaran sebagai ideologi yang mencerminkan kepentingan kelas yang berkuasa. Meskipun dalam pemikirannya orientasi budaya tidak semuanya berdasar atas struktur kelas ekonomi, tetapi orientasi tersebut sangat dipengaruhi serta dipaksa oleh struktur tersebut. Penekanan Marx akan pentingnya keadaan materiil seperti yang terlihat didalam struktur sebuah masyarakat, akan membatasi pengaruh budaya atas kesadaran individu para pelakunya.

Karl Marx lebih condong melihat akan norma dan nilai budaya sebagai ideologi yang menunjukkan usaha kelompok-kelompok yang dominan dalam membenarkan keberadaan dominasi mereka. Ada beberapa bentuk kenyataan sosial yang ditekankan oleh marx, yang tidak bisa sangkal oleh teori apa pun yaitu:
  1. Pengakuan terhadap adanya struktur kelas dalam masyarakat.
  2. Kepentingan ekonomi yang saling bertentangan diantara orang-orang dalam kelas berbeda.
  3. Pengaruh yang besar dari posisi kelas ekonomi terhadap gaya hidup seseorang.
  4. Bentuk kesadaran dan berbagai pengaruh dari konflik kelas dalam menimbulkan perubahan struktur sosial.
Selanjutnya menurut marx, mereka berusaha menunjukkan banyak kepentingan yang berbeda dan bertentangan, yang besar kemungkinannya telah dikelabui oleh munculnya konsensus norma dan nilai. Jika konsensus pada norma dan nilai terjadi, maka konsensus tersebut menunjukkan kontrol dari kelompok dominan dalam masyarakat terhadap berbagai media komunikasi (lembaga media massa dan lembaga pendidikan), dimana akan terbentuk komitmen ideologi serta kesadaran individu atas kepentingan kelompok dominan tersebut.
teori konflik karl marx
Gambar ilustrasi teori konflik.
Artikel ini ditemukan dengan pencarian seperti: teori karl marx tentang konflik, teori konflik adalah, macam teori konflik, teori tentang konflik, gambar teori konflik, asumsi teori konflik, teori konflik karl mark, macam-macam teori konflik. Jelaskan teori konflik, teori teori konflik, teori konflik menurut karl mark, teori konflik marx, teori-teori konflik menurut para ahli, pengertian teori konflik sosial. Pengertian konflik menurut para ahli, definisi teori konflik, konflik menurut para ahli, isi teori konflik, jelaskan secara singkat teori konflik menurut karl marx. Teori konflik menurut, artikel teori konflik menurut karl marx, teori konflik sosiologi, pengertian konflik sosial menurut karl marx, contoh konflik menurut karl marx, definisi konflik menurut para ahli.

Penemu Teori Konflik Marx

Karl Heinrich Marx: lahir di Trier, Prusia, pada tanggal 5 Mei 1818. Marx merupakan filsuf, pakar teori kemasyarakatan dan ekonomi politik dari Prusia. Setelah lulus dari Gymnasium Trier, pada tahun 1835 Ia melanjutkan studinya di jurusan hukum, Universitas Bonn. Pada tahun berikutnya, Karl Marx pindah ke universitas Friedrich Wilhelms di Berlin.

Marx memperoleh gelar Doktor di tahun 1841, namun ia harus menyerahkan disertasi nya ke Universitas Jena, karena Marx menyadari statusnya sebagai seorang yang radikal tidak akan diterima di Berlin. Karl Heinrich Marx tutup usia di London, Inggris, pada tanggal 14 Maret 1883 di umurnya yang ke-64 tahun.

Baca juga: Teori Pasang Surut

Kata-kata yang digunakan untuk mencari artikel ini adalah teori konflik dialektika, apa itu teori konflik, pengertian konflik menurut para ahli sosiologi, teori teori konflik sosial, pengertian teori konflik menurut karl marx, konfliktteori marx, apa yang dimaksud dengan teori konflik. Tokoh teori konflik, definisi konflik sosial menurut para ahli, buku teori konflik sosial, asumsi dasar teori konflik, jurnal teori konflik karl marx. Bagaimana asumsi perubahan sosial dalam teori konflik, pengertian konflik sosial menurut para ahli, pengertian konflik menurut ahli, apa yang dimaksud teori konflik, contoh teori konflik menurut karl marx. Pengertian teori konflik dalam sosiologi, buku teori konflik, jenis teori konflik, makalah teori konflik karl marx, pencetus teori konflik, teori struktural konflik, bentuk-bentuk konflik menurut para ahli, teori-teori konflik.

Referensi:
1. Thecloud
2. Camfrog
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url