Mengenal Teori Pasang Surut Bintang

Pengertian Teori Pasang Surut

Teori pasang surut adalah salah satu dari berbagai teori terbentuknya tata surya, yang pertama kali disampaikan oleh Buffon (1707-1788). Menurut Buffon, tata surya berasal dari materi matahari yang terhempas setelah bertubrukan dengan bintang besar. Teori ini Kemudian diperbaiki oleh Sir James Jeans dan Harold Jeffreys, masing-masing pada tahun 1917 dan 1929. Pada prinsipnya mereka berpendapat bahwa terbentuknya tata surya berasal dari efek pasang gas-gas Matahari karena gaya gravitasi bintang besar yang melintasi Matahari. Gas-gas tersebut melepaskan diri dan kemudian mengelilingi Matahari dalam bentuk lidah gas panas. Selanjutnya, Gas-gas panas tersebut berubah menjadi bola-bola cair dan secara berlahan mendingin serta membentuk lapisan keras menjadi planet-planet. Sedangkan matahari awal tetap menjadi matahari seperti yang ada saat ini.

Pencarian lainnya yang terkait artikel ini adalah teori pasang surut, gambar teori pasang surut, teori pasang surut bintang, pengertian teori pasang surut, teori pasang, teori pasang surut tata surya. Teori pasang surut adalah, penemu teori pasang surut, teori pasang surut gas, penjelasan teori pasang surut, jelaskan teori pasang surut. Isi teori pasang surut, pasang surut bintang, teori tata surya pasang surut, teori pasang surut adalah teori, perbedaan teori bintang kembar dan pasang surut, gambar teori pasang surut gas.


Teori Pasang Surut banyak diterima oleh para astronom karena teori ini dapat diterima logika secara alamiah. Namun, teori ini bukannya tanpa kelemahan, karena saat ini ada pembuktian bahwa gas panas sangat sulit untuk memadat, mendingin, dan berputar dengan orbit yang teratur. Selain itu, kemungkinan matahari untuk berpapasan dengan bintang adalah sangat kecil.

teori pasang surut bintang
Gambar ilustrasi teori pasang surut.
Artikel ini ditemukan dengan pencarian seperti: teori pasang surut james jeans dan jeffreys, perbedaan teori pasang dan teori bintang kembar, ilustrasi teori pasang surut. Teori pasang surut sir james jeans, penemu teori tidal atau yang dikenal dengan teori pasang surut yaitu, teori pasang surut menurut buffon, perbedaan teori pasang surut dan bintang kembar. Gambar teori pasang surut bintang, perbedaan teori pasang surut dan teori bintang kembar, teori pasang surut pembentukan tata surya, pasang surut gas, pencetus teori pasang surut, pengertian teori pasang surut gas, pasang surut teori.

Penemu Teori Pasang Surut

James Hopwood Jeans: lahir di Ormskirk Lancashire pada tanggal 11 September 1877. Jeans merupakan seorang astronom, fisikawan, dan matematikawan Inggris. Ia memperoleh pendidikan di Trinity College, Cambridge dan di Merchant Taylors School. Pada tahun 1904 Jeans mengajar sebagai dosen matematika terapan di Universitas Princeton . James Hopwood Jeans meninggal di Dorking, Surrey, pada tanggal 16 September 1946 diumurnya yang ke-69 tahun.

Baca juga: Teori Planetesimal

Harold Jeffreys: lahir di Washington, County Durham, Inggris, pada tanggal 22 April 1891. Ia adalah seorang ahli geofisika, matematikawan, astronom, dan ahli statistik. Ia menempuh pendidikan di Armstrong College di Newcastle upon Tyne dan di Universitas London External Programme. Kemudian, Jeffreys menjadi fellow pada tahun 1914 saat mengajar di St John's Collegedan. Ia juga mengajar geofisika dan matematika di Universitas Cambridge, yang akhirnya menjadi Plumian Professor of Astronomy. Harold Jeffreys tutup usia di Cambridge, Inggris, pada tanggal 18 Maret 1989 di umurnya yang ke-97 tahun.

Kata-kata yang digunakan untuk mencari artikel ini adalah pengertian pasang surut, teori pasangsurut, kelemahan dan kelebihan teori pasang surut dalam pembentukan alam semesta, kelemahan teori pasang surut, pasang surut. Teori nebula dan pasang surut, teori pasang surut jeans dan jeffreys, apa perbedaan teori pasang surut dan teori bintang kembar pada pembentukan tata surya. Teori pasang surut dikemukakan oleh, pasang surut adalah, teori pasang surut pertama kali dikemukakan oleh, pengertian pasang surut menurut para ahli, kelebihan teori pasang surut, perbedaan teori nebula dan teori pasang surut.

Referensi:
1. Schnaeppchenfuchs
2. Youtube
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Anonymous
    Anonymous September 6, 2016 at 1:43 AM

    seperti yang bisa diterima saat ini yaitu teori big bang..

Add Comment
comment url