Penjelasan Teori Evolusi Charles Darwin

Teori Evolusi yang dikemukakan oleh Charles Darwin pada dasarnya mengacu pada 2 kata kunci yaitu evolusi dan seleksi alam. Sebelum membahas mengenai Teori Charles Darwin ada baiknya kita pahami dulu mengenai pengertian evolusi, mekanisme evolusi, serta apa itu seleksi alam.

Pengertian Evolusi

Evolusi merupakan proses berubahnya makhluk hidup dengan perlahan-lahan dalam jangka waktu sangat lama sehingga menimbulkan spesies baru. Terdapat 2 macam evolusi yaitu Evolusi Progresif dan Evolusi Regresif. Evolusi progresif merupakan perubahan menghasilkan spesies dimana memungkinkan terjadinya kehidupan lanjutan, sedangkan Evolusi Regresif merupakan perubahan menghasilkan spesies dimana tidak memungkinkan terjadinya kehidupan selanjutnya.


Mekanisme Evolusi

Mekanisme evolusi dapat terjadi karena variasi genetik maupun seleksi alam. Adanya variasi genetik akan memunculkan turunan sifat-sifat baru. Variasi genetik ini disebabkan karena adanya mutasi gen. Mutasi bisa terjadi dengan ataupun tanpa pengaruh faktor luar. Vitalitas (kemampuan untuk hidup) dari suatu individu akan besar jika individu tersebut hidup dalam suatu kesesuaian lingkungan.

Seleksi Alam

Seleksi alam adalah kemampuan alam dalam rangka menyeleksi semua organisme atau makhluk hidup yang berada didalamnya. Hanya organisme yang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya akan selamat, sedangkan jika tidak mampu menyesuaikan diri akan mati atau punah. Alam memang sangat ganas siapa tidak kuat serta tidak bisa beradaptasi maka kemungkinan besar akan kalah oleh alam dan berakibat dengan punahnya mahluk hidup tersebut.



Teori Evolusi Darwin

Tokoh evolusi yang sangat terkenal adalah Charles Darwin. Ia dikenal dengan teori evolusi kontroversialnya hingga saat ini yaitu " Teori Evolusi Charles Darwin ". Teori evolusi ini muncul dari hasil pengamatannya terhadap kehidupan macam-macam burung Finch di kepulauan Galapagos. Ia berpendapat bahwa:

Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup dimasa lalu dan semua evolusi yang pernah terjadi diakibatkan karena adanya seleksi alam.

teori evolusi charles darwin
Gambar Charles Darwin serta bukti dari teori evolusinya.


Seleksi alam dalam teori darwin mengandung arti bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah, yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Selanjutnya sesama makhluk hidup tersebut akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya. Apakah anda salah satu penganut teori evolusi Charles Darwin ??.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url